5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis, Dapatkan Hidup Lebih Berkualitas

Gaya hidup minimalis sangat baik untuk kesehatan mental, Anda tidak akan dibebani dengan berbagai pikiran di rumah. Karena, gaya hidup minimalis itu mengusung konsep menjalani hidup dengan sesedikit mungkin materi atau barang-barang.

Manfaat Anda menjalani gaya hidup minimalis, akan lebih mudah melawan risiko terkena depresi. Berawal dari pemikiran toxic bahwa seberapa banyak pun Anda membeli atau memiliki suatu barang, tidak akan membuat merasa cukup. Berbeda jika seseorang menjalani hidup dengan sederhana, maka tidak akan terbebani dengan terlalu banyak pikiran yang tidak penting. Pikiran yang lebih santai akan membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna.

Mengenal Gaya Hidup Minimalis

Pada kenyataannya orang akan tetap bisa menjalani hidup apa adanya, tidak perlu dikelilingi banyak harta atau barang yang bisa menambah beban pikiran. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan semua barang yang ada di sekitar, secara terus menerus.

Konsep seperti inilah yang diangkat dalam gaya hidup minimalis. Anda tidak perlu hidup secara berlebihan dan lebih mementingkan kualitas. Anda bisa merasa lebih bahagia dengan benda yang benar-benar dibutuhkan.

Ketika Anda merasa cukup hanya dengan memiliki satu atau dua sepatu, maka tidak perlu mengoleksi seratus sepatu. Gaya hidup minimalis ini akan membuat Anda merasa lebih lega tanpa beban pikiran yang bisa menghantui setiap hari.

Manfaat Gaya Hidup Minimalis

Orang yang mempunyai sifat dasar materialistis, cenderung ingin membeli barang tertentu tanpa memikirkan kegunaannya lebih dulu. Sebenarnya hal ini tidak buruk, tergantung motif apa yang menjadi alasan dibaliknya. Anda akan mendapatkan banyak manfaat, dengan menjalankan gaya hidup minimalis, antara lain :

1. Menghemat Energi

Orang memiliki banyak barang atau materi, maka akan ada lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan. Salah satu contohnya, orang yang memiliki 35 barang dalam lemari, akan lebih lowong dengan orang yang memiliki 100 barang dalam lemari.

Anda bisa memanfaatkan selisih waktu dan energi yang dimiliki dengan menggunakan atau untuk melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat serta produktif. Karena Anda pasti akan membutuhkan energi lebih untuk mencuci, menyeterika, menata, dan menyimpannya. Apabila Anda menggunakan jasa laundry atau asisten rumah tangga, tetap saja membutuhkan daya lebih untuk mengerjakannya.

2. Pikiran Lebih Fokus

Pikiran Anda akan menjadi lebih sibuk jika hidup dikelilingi banyak barang. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi terdistraksi atau sulit fokus. Mendapatkan pikiran damai tidak hanya bisa melalui meditasi, tapi juga bisa dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

3. Mencegah Depresi

Walaupun Anda tidak bisa melihat secara langsung korelasinya, gaya hidup minimalis bisa menyelamatkan seseorang dari depresi. Memiliki banyak barang hanya akan membuat Anda menjadi kewalahan atau overwhelmed.

4. Mengurangi Rasa Bersalah

Menyaksikan kondisi kamar yang berantakan dengan terlalu banyak barang, akan membuat seseorang merasa bersalah. Rasa ini akan muncul karena harusnya bisa merapikan atau membereskan, tapi hanya bisa mendiamkannya saja. Rasa bersalah merupakan awal emosi negatif yang bisa memicu cemas berlebih hingga depresi jika dibiarkan dalam waktu yang panjang.

5. Alokasi Waktu Lebih Banyak untuk Hal Positif

Anda bisa membandingkan waktu yang harus dialokasikan untuk merawat empat mobil dengan satu mobil. Selain itu, Anda juga harus memikirkan biaya service dan asuransinya. Anda bisa lebih menikmati hidup jika harus merawat satu mobil saja.

Penerapan gaya hidup minimalis sangat cocok ditengah padatnya aktivitas Anda. Berbagai manfaat menjalankan gaya hidup minimalis tersebut perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.