Seperti Apa Sih, Posisi Rumah Menurut Islam Pembawa Berkah?

Dalam Islam ada istilah Baiti Jannati yang artinya adalah rumahku surgaku. Jadi jelas tersirat bahwa rumah bukanlah sebuah tempat yang hanya sekadar untuk tidur dan kembali setelah beraktivitas di luar.

Posisi rumah menurut Islam pembawa berkah haruslah sesuai aturan syariat yang telah diajarkan oleh rasulullah Muhamad SAW.

Baca juga: Gaya Rumah Instagramable 

Posisi Rumah Menurut Islam Pembawa Berkah Yang Perlu Kita Pahami

Mungkin pada saat Anda membangun sebuah rumah tidak terpikirkan bahwa ternyata ada, lho, pedoman-pedoman membangun rumah menurut Islam. Mulai dari posisinya, fungsinya dan dekorasinya perlu kita cermati agar mendapatkan ridho-Nya.

1. Posisi Rumah Ke Arah Kiblat

Kita melaksanakan kewajiban sholat lima waktu menghadap kiblat. Dalam Islam juga dianjurkan jika membuat rumah sebaiknya menghadap kiblat juga. Ternyata maksud dari anjuran ini adalah salah satunya memudahkan tamu yang berkunjung agar cepat mengetahui arah kiblat saat hendak melaksanakan sholat.

2. Posisi Ruang Untuk Sholat

Musala kini telah menempati prioritas tersendiri saat seorang Muslim hendak mendirikan rumah. Walaupun luas tanah yang tidak terlalu luas, namun penempatan musala dalam rumah telah menjadikan rumah tersebut terasa tenang dan damai.

Hal ini dikarenakan penghuninya selalu menyempatkan diri untuk melaksanakan sholat secara berjamaah yang berdampak menjaga kesolidan dan kasih sayang antar sesama anggota keluarga. Posisi musala juga telah diatur dalam Islam yaitu mengarah kiblat dan tidak mendekorasinya seperti mendekorasi ruangan lain.

Cukup dinding polos tanpa hisan maupun foto-foto keluarga. Sediakan pula alat-alat sholat, Al Quran dan buku-buku bernuansa Islami.

Baca juga: Cara Investasi Properti untuk Pemula tanpa Modal 

3. Posisi Dapur

Dapur merupakan area tertutup bagi orang lain. Maka Islam mengajarkan agar membawa berkah sebaiknya dapur ditempatkan pada area belakang sehingga tamu yang datang tidak bisa langsung melihat-lihat area tersebut.

Dapur juga haruslah memilki pembatas dengan ruangan lain. Hal ini untuk menjaga privasi dan menutupi hal-hal yang sebaiknya tidak dilihat orang lain.

4. Posisi kamar Tidur

Kamar tidur merupakan ruangan yang sangat sensitive dan perlu dijaga kerahasiaannya. Tidak boleh sembarang orang masuk, bahkan antar anggota keluargapun tidak boleh saling memasuki kamar tidur masing-masing tanpa ijin dari pemiliknya.

Posisi rumah menurut Islam pembawa berkah sangat diatur untuk benar-benar menjaga adab dan kesusilaan yang ada di masyarakat. Yuk, dicoba menerapkan ini supaya keberkahan melimpah!

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.